Menjelang musim mudik, banyak pemilik kendaraan yang bertanya-tanya apakah perlu melakukan spooring dan balancing pada mobil mereka sebelum berangkat. Spooring dan balancing adalah proses penyetelan roda agar posisinya sejajar dan seimbang, yang penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

Menurut Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani, spooring dan balancing tidak harus dilakukan sebelum mudik kecuali jika telah mencapai jarak tempuh 10.000 hingga 20.000 kilometer atau jika ada keluhan tertentu seperti kemudi miring atau mobil bergetar. Namun, ada satu hal yang disarankan untuk dilakukan sebelum mudik yaitu rotasi ban. Ini karena keausan ban bisa berbeda-beda dan ban dengan tingkat kebotakan paling sedikit harus ada di posisi depan untuk alasan keselamatan.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan spooring dan balancing, periksalah kondisi ban Anda dan pertimbangkan apakah sudah saatnya untuk rotasi atau tidak. Dengan demikian, Anda dapat memastikan perjalanan mudik Anda aman dan nyaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini