Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) adalah agen tunggal pemegang merk (ATPM) kendaraan niaga Isuzu di Indonesia yang terus berusaha menjawab kebutuhan pelanggan dengan berfokus pada peningkatan kompetensi dan lisensi calon sopir dari SMK-SMK binaan dan masyarakat lainnya. Salah satu program yang diluncurkan oleh IAMI adalah Isuzu Driver School, sebuah program corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan yang bertujuan untuk mencetak sopir kendaraan niaga berkualitas .

Isuzu Driver School adalah program pelatihan bagi sopir kendaraan niaga yang memiliki kurikulum yang digarap serius oleh IAMI. Program ini meliputi teori di kelas, praktikum, dan tes, yang mencakup pemeliharaan kendaraan, servis ringan, dan kompetensi mengemudi khususnya unit kendaraan niaga Isuzu, seperti Isuzu Traga, Isuzu Elf, dan Isuzu Giga. Selain itu, program ini juga bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk membangun mentalitas dasar sopir dan pemahaman defensive driving serta rambu-rambu lalu lintas yang sesuai dengan regulasi yang berlaku. Di akhir sesi, peserta akan melakukan tes akhir untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) B1.

Program ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan dunia industri, khususnya logistik, yang membutuhkan sopir kendaraan niaga yang berlisensi dan berkualitas. Jumlah kendaraan niaga yang tinggi, tidak sebanding dengan jumlah sopir berlisensi. Hal ini yang mendasari IAMI untuk menjalankan dan menguatkan program Isuzu Driver School. Dengan adanya program ini, IAMI berharap dapat membantu mencetak sopir kendaraan niaga berkualitas hingga dapat menyeimbangkan neraca angka kendaraan niaga dan jumlah sopirnya.

Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sopir kendaraan niaga terhadap keselamatan berkendara, lingkungan, dan masyarakat. Sopir kendaraan niaga tidak hanya mengemudi, tetapi juga menjadi operator kendaraan yang harus memastikan kondisi kendaraan sehat, siap kerja, dan siap jalan. Sopir kendaraan niaga juga harus mampu menghadapi kondisi darurat, seperti rem blong, ban bocor, atau kecelakaan, dengan cara yang tepat.

Isuzu Driver School batch pertama dilaksanakan pada 28 November 2022 hingga 15 Desember 2022 di area Isuzu Training Center Bekasi yang diikuti oleh 16 orang peserta. SMK-SMK binaan dan masyarakat lainnya menyambut program ini dengan sangat antusias, terbukti dengan 195 orang telah mendaftar dalam 6 jam sejak informasi program disebarkan. Melalui program ini, diharapkan masyarakat akan semakin mengenal produk-produk Isuzu, mengetahui cara pemeliharaannya dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkarir dalam bidang transportasi, khususnya sebagai seorang sopir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini