Dalam upaya mempercantik tampilan mobil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti memoles atau memasang coating. Coating, secara umum, menawarkan keunggulan yang lebih baik dari poles. Hasilnya lebih mengilap, bersih, dan tampak seperti mobil baru. Biaya perawatannya pun terpaut jauh.

Untuk menghindari kebingungan, penting untuk memahami perbedaan antara poles dan coating. Jangan sampai tertipu oleh bengkel nakal yang menawarkan harga coating murah, tetapi yang dilakukan sebenarnya hanyalah poles biasa.

Daniel, pemilik Barcode Autodetailing, mengungkapkan bahwa saat ini banyak bengkel detailing yang menawarkan coating dengan harga terjangkau, bahkan di bawah Rp1 juta. "Prinsip dasar ada harga ada rupa. Jangan tergiur dengan harga murah. Mungkin di awal terasa hemat, tetapi hasilnya bisa mengecewakan dan malah harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan," ujar Daniel.

Daniel melanjutkan, dulu bengkel autodetailing yang menawarkan harga murah biasanya memangkas langkah pengerjaan. Namun, kini, banyak yang menggunakan bahan atau obat detailing palsu. Hasilnya, coating tidak bertahan lama, hanya bertahan beberapa bulan saja. Sementara itu, coating yang asli bisa bertahan bertahun-tahun, bahkan hingga di atas 5 tahun.

Untuk biaya, coating dibanderol dengan harga mulai dari Rp2,5 juta. "Harga tersebut berlaku untuk mobil kategori LCGC atau city car," ungkap Daniel.

Sebelum memutuskan menggunakan jasa coating, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Pilih bengkel yang terpercaya dan berpengalaman. Untuk memastikan keaslian bahan, jangan ragu untuk meminta bukti atau sertifikasi dari distributor resmi. Dengan demikian, Anda tidak akan tertipu dan bisa mendapatkan hasil coating yang maksimal dan tahan lama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini