Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini memilih kendaraan dinas yang tak biasa, yakni Kijang Innova Zenix Hybrid. Pemilihan mobil ini mengejutkan banyak pihak mengingat biasanya Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard yang antipeluru.

Lalu, bagaimana dengan aspek keamanan Innova Zenix Hybrid yang ditumpangi presiden? Apakah aman untuk digunakan sebagai kendaraan kepala negara?

Fitur Keamanan Innova Zenix Hybrid

Dari segi fitur keamanan, Innova Zenix Hybrid memang belum memiliki fitur antipeluru dan perlindungan khusus seperti Mercedes-Benz S600 Guard. Namun, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menegaskan bahwa pengamanan yang dilakukan akan tetap maksimal.

Menurut Danpaspampres Mayjen TNI Achiruddin, pengamanan dilakukan secara ketat dan berlapis, termasuk berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah untuk menempatkan personel di sepanjang rute perjalanan.

Pengamanan Alternatif

Selain pengamanan fisik, Paspampres juga memiliki cara alternatif untuk mengamankan presiden saat menggunakan kendaraan tanpa fitur antipeluru. Salah satunya adalah dengan menggunakan protokoler "incognito", di mana presiden menggunakan kendaraan biasa yang tidak mencolok.

Dengan cara ini, tim pengamanan Paspampres dapat lebih mudah bergerak dan berbaur dengan masyarakat, sehingga potensi ancaman dapat diminimalisir.

Keputusan Berdasarkan Situasi

Penggunaan Innova Zenix Hybrid sebagai kendaraan dinas oleh Jokowi kemungkinan besar didasarkan pada pertimbangan situasi dan keamanan. Dalam kondisi tertentu, kendaraan yang tidak terlalu mencolok justru dapat meningkatkan keselamatan presiden.

Selain itu, penggunaan kendaraan biasa juga dapat memberikan kesan yang lebih dekat dengan masyarakat. Hal ini sejalan dengan gaya kepemimpinan Jokowi yang dikenal merakyat dan sederhana.

Kesimpulan

Meskipun Innova Zenix Hybrid tidak memiliki fitur keamanan khusus seperti Mercedes-Benz S600 Guard, Paspampres memastikan bahwa pengamanan presiden tetap akan dilakukan secara maksimal. Penggunaan kendaraan alternatif seperti Innova Zenix Hybrid juga merupakan bagian dari strategi pengamanan yang telah dipertimbangkan matang oleh tim keamanan.

Dalam memilih kendaraan dinas, presiden dan tim keamanan tentunya mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk aspek keamanan, kenyamanan, dan kesan yang ingin disampaikan. Pengunaan Innova Zenix Hybrid merupakan bukti bahwa aspek keamanan dapat dipenuhi dengan berbagai cara, termasuk melalui pengamanan alternatif dan pilihan kendaraan yang tidak biasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini