Jakarta, Kompasiana – Kabar mengejutkan datang dari pabrikan otomotif ternama, Honda. Gambar paten sepeda motor berjenis skutik berkapasitas 125 cc baru-baru ini terungkap di situs resmi pemerintah. Paten tersebut mengarah pada skutik Honda NX125RX yang telah dipasarkan di China.

Menurut dokumen Berita Resmi Desain Industri Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, paten tersebut didaftarkan oleh Honda Motor Co., Ltd. Lantas, apakah hal ini menjadi tanda kehadiran Honda NX125RX di pasar Indonesia?

Tampilan yang Menarik

Secara tampilan, Honda NX125RX memiliki desain yang cukup mirip dengan Honda Vario. Ter особенности pada bagian fascia, skutik ini hadir dengan lampu utama membentuk pola "V" yang khas. Sementara sayapnya dibuat dengan desain meruncing yang memberikan kesan sporty.

Namun, Honda NX125RX terlihat unik di bagian belakang. Ukuran roda yang kecil menjadi ciri khasnya, mengingatkan pada beberapa model motor di pasar India. Desain ini memberikan kesan tangguh dan cocok untuk digunakan di berbagai medan jalan.

Fitur dan Spesifikasi Mumpuni

Selain desain yang menarik, Honda NX125RX juga dibekali dengan fitur-fitur yang lengkap dan mesin yang irit bahan bakar. Skutik ini memiliki mesin 125 cc bersilinder tunggal dengan pendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 6,6 Tk pada 7.500 rpm dan 9,7 Nm pada 6.000 rpm.

Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Honda NX125RX dilengkapi dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi lengan ayun di bagian belakang. Sementara untuk keselamatan, skutik ini telah dibekali dengan rem cakram di kedua roda.

Tanggapan Honda Indonesia

Meski gambar paten telah muncul, General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin menampik bahwa pendaftaran gambar paten tersebut merupakan tanda kehadiran produk baru.

"Belum (ada rencana menjualnya). Untuk model itu saya baru dengar," ujar Muhib di Jakarta.

"Sebenarnya mematenkan model motor bisa dilakukan siapa saja, tidak harus berkorelasi dengan rencana perusahaan untuk launching produk baru. Jadi itu bagian dari upaya melindungi dan mempatenkan produk. Sejauh ini kami belum ada rencana (menjualnya)," kata dia.

Meski begitu, kehadiran gambar paten Honda NX125RX di situs resmi pemerintah tentu menimbulkan spekulasi. Tidak menutup kemungkinan bahwa Honda Indonesia sedang mempersiapkan skutik tangguh dan irit ini untuk melengkapi jajaran produknya di Tanah Air. Kita nantikan saja informasi resminya dari pihak Honda dalam waktu dekat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini