Keberadaan rambut-rambut tipis atau karet-karet kecil pada ban baru kerap menjadi tanda tanya bagi pemilik kendaraan. Banyak yang mengira itu sekadar hiasan atau penanda bahwa ban masih baru. Namun, ternyata keberadaan mereka punya fungsi penting dalam proses produksi ban.

Menurut Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, rambut-rambut halus ini berfungsi sebagai saluran pembuang udara saat ban sedang dalam proses pembuatan. "Saat ban dimasak dalam cetakan, udara dalam ban perlu dibuang agar tidak terjebak. Rambut-rambut halus ini membantu menghilangkan udara tersebut," jelasnya.

Proses pemasakan atau vulkanisasi ini melibatkan tekanan tinggi yang memaksa ban untuk mengikuti bentuk cetakan. Tekanan ini juga mendorong sebagian bahan ban ke saluran udara, termasuk karet-karet kecil yang kemudian menjadi rambut-rambut halus.

Jadi, rambut-rambut tipis pada ban baru bukan sekadar hiasan atau penanda kebaruan. Mereka memainkan peran penting dalam memastikan kualitas dan keamanan ban dengan membantu membuang udara yang terperangkap selama proses produksi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini