Saat menyalakan AC mobil dan mendapati uap es keluar bersama angin semburan, jangan langsung merasa adem. Justru itu bisa jadi tanda adanya masalah pada sistem AC.

Tanda AC Mobil Tidak Normal

Menurut Dewa, pemilik bengkel AC mobil, AC mobil yang baik tidak akan menghasilkan kabut dingin seperti lemari es. Itu justru fenomena tidak wajar.

Kabut es pada kisi-kisi AC biasanya terjadi pada mobil lawas karena posisi katup ekspansi yang dekat dengan kipas blower. Akibatnya, udara yang berembus cenderung mengandung air.

Penyebab Kabut Es pada AC Mobil

Aji Dwi Nugroho, Foreman Aha Motor Yogyakarta, menjelaskan bahwa seharusnya AC mobil tidak membeku. Karena kondisi ini bisa menurunkan performanya.

"Jika evaporator tertutup bunga es, udara tidak bisa bersirkulasi dengan baik. Hal ini juga membuat kompresor terus aktif sehingga lebih cepat rusak," kata Aji.

Kerja sistem AC dipengaruhi oleh laporan sensor suhu di dalam kabin. Jika ECU membaca suhu kabin belum mencapai target, kompresor akan terus bekerja.

Tindakan yang Harus Dilakukan

Jika AC mobil sudah mengeluarkan bunga es, segera periksa ke bengkel. Ini mungkin menandakan adanya masalah pada:

  • Katup ekspansi
  • Sensor suhu
  • Kompresor

Dengan melakukan pemeriksaan dan perbaikan segera, masalah AC mobil dapat teratasi sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Kesimpulan

Meski identik dengan udara dingin, kabut es pada AC mobil bukanlah pertanda baik. Justru itu bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem AC. Segera lakukan pemeriksaan ke bengkel jika mendapati kabut es keluar dari kisi-kisi AC mobil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini