Keselamatan berkendara menjadi prioritas utama dalam setiap perjalanan. Salah satu aspek terpenting yang seringkali diabaikan adalah penggunaan sabuk pengaman. Banyak orang beranggapan bahwa penumpang di tengah aman karena dikelilingi oleh penumpang lain yang mengenakan sabuk pengaman. Namun, anggapan ini sangat keliru.

Menurut Sony Susmana, instruktur dan pemilik Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI), setiap penumpang harus mengenakan sabuk pengaman tanpa terkecuali. Sebab, pengereman mendadak dapat menimbulkan risiko cedera yang signifikan bagi penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Selain melindungi diri sendiri, mengenakan sabuk pengaman juga melindungi penumpang lain. Ketika terjadi kecelakaan, penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman dapat terlempar dan melukai penumpang lain yang sudah menggunakan sabuk pengaman.

Selain itu, Sony juga menekankan bahwa sabuk pengaman merupakan alat pengaman utama bagi penumpang. Tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya karena dapat mengurangi risiko cedera hingga 45% saat terjadi kecelakaan.

Menggunakan sabuk pengaman hanya membutuhkan waktu beberapa detik, namun manfaatnya sangat besar bagi keselamatan di jalan raya. Jadikan penggunaan sabuk pengaman sebagai kebiasaan setiap kali berkendara, baik jarak jauh maupun dekat.

Dengan mengenakan sabuk pengaman secara konsisten, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga orang lain di dalam mobil. Keselamatan berkendara adalah tanggung jawab bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini