Paus Fransiskus dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 3-6 September 2024. Dalam kunjungannya, Paus akan menggunakan dua jenis kendaraan yang telah dipersiapkan khusus untuk mobilitasnya selama berada di Indonesia.

Pindad Maung MV3

Salah satu kendaraan yang akan digunakan oleh Paus Fransiskus adalah Pindad Maung MV3. Kendaraan ini merupakan hasil produksi PT Pindad (Persero) dan telah dimodifikasi khusus untuk memenuhi kebutuhan Paus selama kunjungannya. Pindad Maung MV3 ini dibalut dengan warna putih dan memiliki atap terbuka yang memungkinkan Paus Fransiskus untuk berdiri dan menyapa umat.

Di bagian belakang kendaraan, terdapat kanopi besar yang cukup untuk Paus berdiri. Selain itu, kabin belakang dilengkapi dengan sofa tunggal yang bisa diputar serta kursi lipat di sisi kiri dan kanan. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan tangga untuk memudahkan akses naik-turun Paus.

Toyota Innova Zenix

Selain Pindad Maung MV3, Paus Fransiskus juga akan menggunakan Toyota Innova Zenix selama berada di Indonesia. Kendaraan ini dipilih karena merupakan salah satu mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Toyota Innova Zenix yang digunakan oleh Paus tidak mengalami modifikasi khusus, namun pengamanan dari Paspampres dan pihak berwenang sudah sesuai dengan standar kepala negara.

Toyota Innova Zenix akan digunakan oleh Paus Fransiskus setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dan akan mengantarnya ke Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat berjalan lancar dan aman. Kedua kendaraan ini diharapkan dapat mendukung mobilitas Paus selama bertemu dengan umat di berbagai lokasi di Indonesia.

Kompas.com
Kompas.com
Bisnis.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini