Mobil listrik atau battery electric vehicle (BEV) menggunakan baterai sebagai sumber daya utama, mirip dengan ponsel pintar atau gawai sejenis. Namun, apakah baterai mobil listrik bisa mengalami kembung seperti baterai ponsel?

Menurut Anton Khristanto, Manager Research & Development Hyundai Motor Manufacturing (HMMI), baterai mobil listrik tidak akan mengalami kembung seperti baterai ponsel. Sistem pada mobil listrik lebih canggih ketimbang ponsel, dengan adanya battery management system (BMS). Saat kita mengisi daya dan sudah melebihi batas, sistem ini akan otomatis memutus pengisian daya. Bahkan ketika baterai hampir habis, ada sistem yang menjaga agar baterai tidak sampai nol persen untuk menghindari kerusakan .

Baterai mobil listrik memiliki casing yang terbuat dari bahan metal, seperti aluminium, berbeda dengan baterai ponsel yang menggunakan casing model kantung. Cangkang baterai mobil listrik lebih keras dan mayoritas tidak mengalami perubahan fisik. Meskipun secara teori baterai mobil listrik bisa mengalami kembung, pada praktiknya sangat jarang terjadi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah kembung pada baterai mobil listrik. 🚗⚡

Semoga informasi ini bermanfaat! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya. 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini