Toyota gencar memasarkan produk elektrifikasi di Indonesia, namun belum bermain di segmen gemuk sekelas Low MPV, Low SUV, dan Compact SUV. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi, mengungkapkan bahwa harga mobil hybrid semakin terjangkau. Namun, untuk meluncurkan mobil hybrid segmen gemuk di bawah Rp 400 juta, perlu dilakukan dengan hati-hati. Anton menyatakan, "Kita pengin ke depannya kalau bisa ada yang kompetitif lagi. Cuma kan ini butuh banyak persiapan, komunikasi, diskusi dengan prinsipal, karena ini segmen yang sangat besar di Indonesia. Jadi kita harus berhati-hati untuk memilih produk yang mana, timing yang tepat, dan lain sebagainya."

Sejak 2009, PT Toyota Astra Motor telah meluncurkan lebih dari 27 model kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota dan Lexus, termasuk Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Pada tahun 2023, pasar xEV Indonesia mencapai angka 71.500 unit secara Wholesales, dengan Hybrid EV menguasai 76% dan Battery EV menyumbang 24%. Penjualan mobil hybrid mengalami peningkatan sepanjang semester pertama 2024, dengan penjualan tahun ini meningkat 43,1% dibandingkan dengan tahun lalu. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid menjadi mobil hybrid paling laris di Indonesia pada paruh pertama tahun 2024, dengan angka wholesales sebanyak 10.074 unit. Suzuki XL7 Hybrid dan Suzuki Ertiga Hybrid juga menjadi pilihan populer di kelas LMPV dan LSUV.

Meskipun belum ada kepastian mengenai insentif mobil hybrid, pemerintah sedang membahas kemungkinan memberikan subsidi untuk mobil hybrid di Indonesia. Vice President Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, menyatakan bahwa saat ini insentif yang diberikan masih terbatas untuk mobil listrik full baterai atau BEV (Battery Electric Vehicle).

Toyota berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi ramah lingkungan, dan peluncuran mobil hybrid murah di Indonesia menjadi salah satu langkah strategis untuk mengurangi emisi karbon dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Meskipun belum ada tanggal pasti, kita dapat menantikan perkembangan lebih lanjut mengenai mobil hybrid di pasar otomotif Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini