Pada tanggal 8 Agustus 2024, Yamaha Motor Co., Ltd. (Yamaha) dan Honda Motor Co., Ltd. (Honda) mengumumkan sebuah kesepakatan kerja sama yang menarik. Dalam kesepakatan ini, Honda akan menjadi penyuplai sepeda motor listrik Yamaha sebagai produk OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk pasar Jepang. Nantinya, Yamaha akan me-rebadge dua motor listrik Honda, yakni EM1 e: dan Benly E: I, dengan merek Yamaha.

Berdasarkan diskusi antara kedua perusahaan, pada Maret 2018, Honda mulai memasok model skuter 50cc ke Yamaha sebagai OEM. Selain itu, pada April 2019, Yamaha dan Honda, bersama dengan Kawasaki Heavy Industries, Ltd. dan Suzuki Motor Corporation, mendirikan Swappable Battery Consortium for Electric Motorcycles dengan tujuan memopulerkan model sepeda motor listrik. Konsorsium tersebut membahas kemungkinan untuk membuat standar baterai yang dapat ditukar dan sistem pertukarannya sebagai salah satu solusi mengatasi tantangan utama dalam mempopulerkan sepeda motor listrik. Pada Maret 2021, kerja sama ini mencapai kesepakatan untuk standarisasi jarak tempuh dan waktu pengisian daya.

Menyusul inisiatif ini, Yamaha dan Honda sepakat bahwa Honda akan memasok model dalam kategori Kelas-1 ke Yamaha sebagai OEM, berdasarkan model EM1 e: dan Benly E: I, yang ditenagai baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar dan mematuhi spesifikasi umum. Melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan akan terus menawarkan model sepeda motor listrik yang memenuhi kebutuhan lebih banyak pelanggan dalam kategori Kelas-1, yang merupakan kategori populer untuk mobilitas pribadi dan penggunaan bisnis. Tujuan akhir dari kerja sama ini adalah berkontribusi pada terwujudnya masyarakat yang netral karbon.

Semoga informasi ini bermanfaat! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini