Klaten, 19 Agustus 2024Anti-lock Brake System (ABS) banyak digunakan pada sepeda motor. Awalnya hanya ditemukan pada motor premium dengan mesin berkapasitas besar, namun kini penggunaannya semakin luas. Mesin motor yang bertenaga memerlukan pengereman yang optimal agar tetap aman dan nyaman saat bermanuver. Dengan ABS, roda motor tidak akan terkunci, memperhatikan traksi, dan mengoptimalkan pengereman.

Berikut perbedaan perawatan rem ABS dan non-ABS:

  1. Kebersihan Sensor: Perawatan ABS mirip dengan rem non-ABS, terutama dalam menjaga kebersihan di sekitar cakram. Namun, perbedaannya terletak pada speed sensor yang harus selalu bersih. Debu atau pasir berlebih dapat mengganggu fungsi sensor ini.

  2. Pelek Motor ABS: Sensor ABS terletak pada area rem cakram dan rawan disalahpahami oleh konsumen. Beberapa orang sering memasang gembok pengaman di cakram, yang dapat merusak komponen sensor. Oleh karena itu, perawatan rem ABS melibatkan perhatian khusus pada komponen speed sensor agar tetap berfungsi dengan baik.

Ingatlah bahwa perawatan yang baik akan memastikan komponen rem tetap prima dan motor beroperasi dengan aman. Semoga informasi ini membantu! 🛵💨 .

Jangan Salah, Ini Bedanya Perawatan Rem Motor ABS dan Non ABS – Kompas.com
Perbedaan Rem ABS dan Non ABS – Otospector

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini