Pada tanggal 22 Mei 2024, Perodua, perusahaan otomotif asal Malaysia, meluncurkan versi purwarupa dari mobil listrik yang menggunakan basis Myvi. Myvi sendiri merupakan kembaran dari Daihatsu Sirion untuk pasar Indonesia. Mobil listrik prototipe ini disebut sebagai Myvi Conversion. Dari namanya, bisa dibilang ini merupakan konversi dari versi Sirion atau Myvi konvensional, sama halnya seperti yang sebelumnya pernah ditampilkan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk Ayla dan Gran Max.

Prototipe Sirion listrik terdiri dari tiga bagian utama: power bench, power converter, serta keseluruhan daya dan desain yang dibuat di Malaysia. Pengembangan teknologi konversi daya dilakukan dengan menggandeng perusahaan Australia. Proses kolaborasi purwarupa Sirion listrik telah berlangsung sejak September 2022, dengan Perodua bekerja sama dengan tiga universitas lokal: Universiti Tenaga Nasional, Universiti Kuala Lumpur, dan Universiti Putra Malaysia. Pemilihan Perodua Myvi sebagai purwarupa untuk kendaraan listrik berbasis city car lima penumpang dilakukan karena model tersebut telah menarik imajinasi dan perhatian sebagian besar masyarakat di Malaysia .

Dato’ Sri Zainal Abidin Ahmad, Presiden dan Chief Executive Officer Perodua, menyatakan bahwa Myvi Conversion akan menjadi landasan bagi Perodua untuk membangun teknologi kendaraan elektrifikasinya. Meskipun prototipe ini pertama kali diperkenalkan dalam bentuk Myvi Conversion, Perodua berencana untuk menghadirkan Perodua EV pertama yang akan memiliki wujud yang berbeda di masa depan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sesuai dengan apa yang Anda cari! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini