Seiring perkembangan teknologi, saat ini hampir semua mobil modern sudah dilengkapi dengan power outlet untuk mengecas smartphone atau gawai. Namun, muncul pertanyaan: Apakah sering menggunakan fitur ini bisa membuat aki mobil cepat soak?

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan, memberikan penjelasan. Menurutnya, dalam kondisi mesin mobil menyala dan tidak ada kerusakan di sistem kelistrikan, beban, dan lain-lain, maka tidak akan membuat aki cepat soak. Beban kelistrikan yang ada di kendaraan sudah dihitung dengan cermat. Selain itu, jika terjadi kondisi abnormal seperti kelebihan beban, maka fuse (sekring) akan putus sebagai sistem pengaman.

Namun, saat kondisi mesin mobil mati, penggunaan daya listrik dari aki akan berpengaruh. Jika lupa mematikan lampu kabin, misalnya, aki yang sudah jelek mungkin tidak kuat untuk menyalakan mesin. Penggunaan charger HP yang lama dan menggunakan banyak power outlet juga dapat memengaruhi kondisi aki.

Kesimpulannya, sering mengecas smartphone di dalam mobil umumnya tidak akan menyebabkan aki mobil cepat soak. Sistem listrik mobil telah dirancang untuk menangani beban tambahan tanpa mempengaruhi kinerja aki secara signifikan .

Jadi, jika Anda khawatir tentang aki mobil, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Aki adalah salah satu komponen vital untuk kelangsungan mobilmu. Semoga informasi ini bermanfaat! 🚗💡

Benarkah Sering Mengecas HP di Power Outlet Mobil Bikin Aki Soak? (Kompas.com)
Benarkah, Sering Ngecas HP Dimobil Dapat Menyebabkan Aki Jadi Cepat Soak? (Get and Ride)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini