JAKARTA, 27 Mei 2024 – Video aksi sejumlah pengendara motor yang membantu pengawalan mobil jenazah dengan perilaku arogan kepada pengguna jalan lainnya telah menjadi viral di media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Minggu, 26 Mei 2024, terlihat pengendara motor melaju di jalur berlawanan sambil mengibarkan bendera putih dan berkendara secara zig-zag. Beberapa kali, pengendara motor tersebut juga menggeber knalpot motornya kepada pengguna jalan lain yang melaju dari arah berlawanan. Unggahan akun tersebut menulis, "Kenapa harus seperti ini antar jenazah."

Aksi anarkis rombongan pengantar jenazah bukan pertama kali terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sebelumnya, aksi pengantar jenazah yang arogan hingga melakukan penganiayaan terhadap seorang pengemudi ojek online (ojol) di Jalan A P Pettarani juga sempat viral di media sosial.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), para pengantar jenazah yang berkelompok di jalan raya justru banyak mengundang konflik. Ia menyarankan agar pengantar jenazah menyebar secara merata sepanjang jalan di spot-spot yang padat, sehingga tercapai arus yang lancar, suasana yang baik, dan koordinasi yang benar. Kendaraan pengantar jenazah memang prioritas, tetapi bukan berarti harus memaksa. Ada aturan-aturan dan tata krama yang hanya dimiliki oleh petugas dalam mengatur, bersikap, dan mengiringi kendaraan jenazah.

Selain itu, adab berkendara penting diperlihatkan di tempat umum untuk memberikan rasa aman dan nyaman dengan cara sopan dan toleransi. Bagi kita yang bertemu dengan rombongan pengantar jenazah, sebaiknya segera menepi, tidak tatap mata mereka, dan diamkan serta rekam apabila ada tindakan yang anarkis. Jika pengendara tidak memiliki pengetahuan tentang tata kelola iring-iringan jenazah, sebaiknya jangan gegabah melakukan hal tersebut, karena risiko kecelakaannya besar .

Semoga artikel ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang arogansi rombongan pengantar jenazah dan pentingnya menghormati pengguna jalan lain dalam situasi seperti ini. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib di jalan raya. 🚗🙏


Artikel ini berdasarkan informasi dari sumber yang ter-update dan disusun dalam format markdown. Semua kutipan dan referensi diambil dari sumber yang relevan.

Arogansi Rombongan Pengantar Jenazah, Membahayakan Pengguna Jalan Lain (Kompas.com)
Biar Jenazah Didoakan yang Baik-baik, Rombongan Pengantar … – detikoto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini