Merawat kendaraan bukan hanya tentang mengganti komponen yang rusak, tetapi juga memperhatikan kelistrikan. Kabel pada kendaraan memiliki peran krusial, terutama di mobil dan motor modern yang komponennya sudah elektronis. Kabel menghantarkan listrik dari satu perangkat ke yang lainnya, dan jika tidak terawat, semua komponen bisa bekerja dengan kurang optimal.

Indra Santoso, Founder Kabelsetan Wire Solution Center, menjelaskan bahwa penghantar aliran listrik atau konduktor bisa kotor karena terkena oli, debu, minyak, dan sebagainya. Hal ini dapat mengganggu sirkulasi kelistrikan. Ketika sirkulasi kelistrikan terganggu, daya hantar antar perangkat menjadi menurun, yang berdampak pada performa mesin yang lemot atau respons yang lambat.

Untuk merawat kelistrikan kendaraan, terutama kabel, Anda dapat mencoba cara baru dengan mencucinya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lepaskan Kabel: Lepaskan kabel dari kendaraan dengan hati-hati.
  2. Cuci Kabel: Cuci kabel dengan sabun dan cairan kimia untuk mencegah jamur sisa sabun. Pastikan juga membersihkan konektor.
  3. Keringkan dan Pasang Kembali: Setelah dicuci, keringkan kabel dan pasang kembali ke kendaraan.

Hasilnya, respons motor atau mobil akan kembali optimal. Bahkan beberapa peringatan di mobil bisa diatasi hanya dengan mencuci kabel, tanpa perlu mengganti komponen.

Jika Anda tertarik mencoba cara ini, biaya untuk mencuci kabel kelistrikan motor dimulai dari Rp 225.000, sedangkan untuk mobil dimulai dari Rp 600.000. Pekerjaannya memakan waktu empat hingga lima jam.

Ingatlah untuk selalu merawat kelistrikan kendaraan secara rutin agar performanya tetap prima dan aman di jalan. Semoga informasi ini bermanfaat! 🚗⚡

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini