Libur panjang Waisak 2024 dan akhir pekan banyak digunakan masyarakat berlibur, termasuk ke daerah pegunungan dengan medan jalannya banyak tanjakan dan turunan. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat rem blong, khususnya pada pengemudi mobil matik, perlu memahami penggunaan tuas transmisi yang benar.

Berikut adalah beberapa poin penting terkait posisi tuas transmisi matik saat melewati turunan:

  1. Pindahkan ke Gigi Rendah: Saat turunan, sebaiknya shifter dipindah ke posisi 3, 2, atau L sesuai dengan medan turunan. Semakin curam turunannya, semakin diperlukan pengereman ekstra. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan gigi rendah (L atau gigi 1) agar rem bekerja optimal.

  2. Menggunakan Engine Brake: Engine brake adalah teknik mengurangi laju kendaraan dengan memanfaatkan kompresi mesin. Caranya adalah dengan mengurangi laju kendaraan dan memindahkan tuas transmisi dari posisi D ke posisi D3/D2. Jika turunan tidak terlalu panjang, Anda dapat mengubah tuas transmisi dari D3 ke D2. Posisi D2 akan membuat rem bekerja otomatis pada gigi 1 dan 2.

Ingatlah untuk selalu memahami karakteristik mobil Anda dan mengikuti panduan yang diberikan oleh produsen. Dengan memahami posisi tuas transmisi yang benar, Anda dapat mengurangi risiko rem blong dan mengemudi dengan lebih aman saat melewati turunan. Semoga informasi ini bermanfaat! 😊

Begini Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Lewat Turunan
Maksimalkan Engine Brake, Begini Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic yang Benar Saat Turunan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini