Duduk di kursi penumpang baris kedua suatu mobil ternyata memiliki risiko tersendiri, terutama pada bagian tengah. Hal ini dijelaskan oleh Certified Safety Ride Driving Instructor Gerry Nasution. Ketika terjadi insiden yang membuat mobil melakukan deselerasi mendadak, penumpang di kursi tengah tidak terlindungi oleh airbag atau penghalang lain. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan sabuk pengaman. Duduk di tengah tanpa mengenakan sabuk pengaman memiliki risiko paling tinggi dibandingkan dengan sisi kiri dan kanan.

Gerry juga menjelaskan bahwa ketika mobil sedang melaju dalam kecepatan tertentu, semua benda di dalamnya akan bergerak dengan kecepatan yang sama. Misalnya, jika mobil berada dalam kecepatan 100 km/jam relatif terhadap bumi, maka semua benda di dalamnya, termasuk penumpang, akan bergerak dengan kecepatan serupa. Ketika terjadi kecelakaan dan mobil berhenti seketika, kita sebenarnya menghentikan sesuatu yang sedang bergerak dengan kecepatan 100 km/jam. Oleh karena itu, tidak menggunakan sabuk pengaman sangat berbahaya.

Dengan perhitungan yang sama, dengan rata-rata berat tubuh orang Indonesia yaitu 60-70 kg, tidak menggunakan sabuk pengaman sama saja dengan melempar massa dengan berat 6 ton. Sabuk pengaman berperan dalam menghentikan tingkat percepatan dengan menahan tubuh pengemudi maupun penumpang agar tidak bergerak dari kursi. Jadi, selalu ingat untuk menggunakan sabuk pengaman, terutama jika Anda duduk di kursi penumpang tengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini