Menyalakan lampu kabin saat mengemudi mobil di malam hari merupakan salah satu tindakan yang dilarang. Alasannya, karena dapat mengganggu aktivitas mobilisasi, sehingga pada kondisi tertentu bisa mengakibatkan kecelakaan fatal. Lampu itu dianjurkan hanya boleh hidup dalam kondisi mendesak dengan durasi yang singkat.

Certified Safety Ride Driving Instructor Gerry Nasution menjelaskan bahwa mata manusia perlu menyesuaikan diri ketika terdapat perbedaan intensitas cahaya yang masuk secara tiba-tiba. Pada malam hari, pupil mata kita akan membesar dibandingkan dengan saat siang hari. Pada siang hari, banyak cahaya yang masuk, sehingga bukaan pupil mata mengecil. Namun, pada kondisi lampu kabin menyala saat malam hari, pupil mata tetap dalam keadaan mengecil, padahal kondisi lingkungan di luar mobil sedang gelap.

Ketika kita menoleh ke arah lain (tidak ke TV), maka pandangan tiba-tiba blank out. Beberapa saat kemudian, barulah pandangan normal lagi atau bisa melihat jelas. Artinya, mata butuh waktu untuk adaptasi terhadap perubahan intensitas cahaya yang begitu cepat pada waktu atau tempat yang sama. Kalau konteksnya sedang berkendara, ini jelas berbahaya. Sebab, kendaraan atau mobil yang melaju pada kecepatan tertentu sudah pasti pengendara dituntut fokus mengemudi. Adanya distraksi sekecil apa pun akan sangat mengalihkan perhatian pengemudi dari kondisi sekitar yang seharusnya selalu menjadi pantauan. Tidak hanya bagi pengendara di mobil terkait, menghidupkan lampu kabin mobil juga dapat berdampak terhadap pengemudi lain di sekitar.

Pastikan selalu mematikan lampu kabin saat berkendara di malam hari untuk menjaga keselamatan dan konsentrasi Anda di jalan! 🚗💡

Sumber
Sumber
Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini