Kap mesin mobil yang tidak tertutup dengan sempurna dapat membahayakan keselamatan pengendara. Pada kecepatan tertentu, kap mesin dapat terbuka dengan sendirinya karena ada angin masuk dari arah depan. Meskipun beberapa mobil sudah dilengkapi dengan sensor kap mesin, tidak semua memiliki fitur ini. Sehingga, pengendara sering lupa menutupnya dengan baik.

Bagaimana cara memastikan kap mesin sudah tertutup sempurna atau belum? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Periksa Permukaan Kap Mesin: Pengemudi bisa melihat permukaan kap mesin dan memeriksa apakah ada celah yang terlalu lebar antara bodi dan kap mesin. Jika ada, lakukan penutupan ulang agar kap mesin tertutup dengan baik.

  2. Tarik Tuas Kap Mesin: Pengemudi bisa menarik tuas kap mesin. Jika terdengar bunyi kap mengangkat, artinya posisi sebelumnya sudah terkunci atau kap mesin menutup sempurna.

  3. Pastikan Kap Mesin Terkunci: Meskipun kap mesin tampak tertutup rapat, statusnya belum tentu terkunci. Mekanikal penguncinya mungkin bermasalah. Oleh karena itu, pastikan kap mesin terkunci lewat tuas kap mesin yang ada di dalam kabin.

Ingatlah untuk selalu memeriksa kap mesin agar terhindar dari kejadian kap mesin membuka saat sedang melaju. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda menjaga keselamatan berkendara!

Sumber
Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini