Dalam perjalanannya selama 22 tahun di Indonesia, Mitsubishi Triton kini tampil dengan wajah baru dan berbagai pembaruan, salah satunya pada sektor mesin. Triton generasi terbaru ini dibekali mesin diesel turbo 2.4L berkode 4N16 Euro 4, yang diklaim lebih bertenaga dan efisien dari pendahulunya, mesin 4N15 dan 4D56.

Dengan hadirnya mesin 4N16 ini, Mitsubishi Triton diharapkan dapat meningkatkan fungsionalitasnya di medan berat, seperti perkebunan dan tambang, yang menjadi santapan utama Triton selama ini.

Bukan hanya itu, seluruh varian Triton, dari yang terendah hingga tertinggi, kini menggunakan mesin 4N16 ini. Meski begitu, tenaga dan torsi maksimal tiap varian berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan spesifiknya.

"Kami sesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan karakteristik bisnis mereka. Varian HDX misalnya, dengan tenaga rendah dan torsi kuat, butuh respons cepat dan tenaga besar. Di sisi lain, kami juga tingkatkan efisiensi di tiap varian," ujar Director of Product Strategy Division PT MMKSI, Hikaru Mii.

Keunggulan mesin 4N16 dibandingkan 4N15 terletak pada beberapa aspek teknis. Pertama, bagian atas piston 4N16 yang disempurnakan menghasilkan bobot yang lebih ringan, gesekan yang lebih minim, dan pendinginan yang lebih baik di ruang bakar.

Selain itu, terdapat perbedaan pada pompa suplai dan injektor, serta bentuk inlet yang lebih optimal. Penggunaan variable oil control valve juga membuat mesin 4N16 lebih berpotensial secara kinerja, terutama dalam menghasilkan torsi besar pada putaran rendah.

"Kelebihan lain dari mesin ini adalah pemetaan ECU (Electronic Control Unit). Kami belajar dari pengalaman 4N15 dan 4D56 sebelumnya. 4N16 juga menggunakan timing chain, bukan timing belt, sehingga mesin lebih kuat dan tidak mengalami kehilangan tenaga. Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar yang beragam, kami sesuaikan injektor dan fuel filter dengan prosedur perawatan berkala yang ditetapkan," jelas Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia.

Dengan peningkatan performa dan efisiensi yang ditawarkan mesin 4N16, Mitsubishi Triton terbaru diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam, baik di sektor pertambangan, perkebunan, maupun sektor komersial lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini