Saat ban mobil bocor, ban serep jenis space saver yang lebih kecil dari ban standar kerap digunakan. Namun, banyak yang mengkhawatirkan keselamatannya jika dipasang pada roda depan. Pasalnya, handling mobil bisa terganggu.

Lalu, bagaimana cara aman memasang ban cadangan space saver?

Tekanan Udara Sesuai Rekomendasi

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, menegaskan pentingnya memperhatikan tekanan udara pada ban space saver. Biasanya, informasi tekanan udara tertera pada ban dengan satuan Kg/cm2 atau psi.

Perhatikan Posisi Pemasangan

Pabrikan mobil merancang ban space saver untuk digunakan darurat pada semua posisi pada kendaraan. Namun, ada perbedaan performa dan handling yang perlu diwaspadai.

Menurut Zulpata, saat ban space saver dipasang di roda depan, masih bisa dikendalikan dengan stir. Namun, jika dipasang di roda belakang, pengendalian akan lebih sulit.

Waspadai Efisiensi Berkurang

Selain handling, ban space saver juga memengaruhi efisiensi dan daya pengereman. Hal ini disebabkan oleh dimensi dan kemampuannya yang berbeda dengan ban standar.

Ingat Selalu Berada dalam Kondisi Darurat

Saat memasang ban space saver, ingatlah bahwa Anda sedang dalam kondisi darurat. Hindari berkendara dalam kecepatan tinggi atau melakukan manuver berbahaya.

Kesimpulan

Memasang ban cadangan space saver di roda depan memang dapat membahayakan. Namun, dengan memperhatikan tekanan udara, posisi pemasangan, dan keterbatasannya, Anda tetap dapat menggunakannya untuk mengatasi keadaan darurat. Prioritaskan keselamatan dan berkendaralah dengan hati-hati saat memasang ban space saver.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini