Jakarta – Rem blong merupakan salah satu kondisi darurat yang dapat mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Ketika terjadi rem blong, panik seringkali menjadi reaksi pertama pengemudi. Namun, justru sikap panik inilah yang berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, ada beberapa tindakan fatal yang sebaiknya dihindari ketika mengalami rem blong.

1. Jangan Membanting Roda Kemudi

Saat panik, banyak pengemudi yang cenderung membanting roda kemudi ke salah satu sisi. Hal ini sangat berbahaya karena dapat membuat mobil terbalik dan membahayakan penumpang serta pengguna jalan lainnya.

2. Jangan Bermanuver Zig-zag

Memang benar bahwa mengerem secara zig-zag dapat memperlambat mobil. Namun, tindakan ini justru meningkatkan peluang hilangnya kendali terhadap kendaraan, apalagi saat kecepatan mobil masih tinggi.

3. Jangan Melakukan Manuver Terlalu Luas

Ketika rem blong, sebaiknya hindari melakukan manuver terlalu lebar. Hal ini karena semakin lebar manuver, semakin besar pula peluang mobil keluar dari jalur aman.

4. Jangan Berhenti di Tengah Jalan

Jika memungkinkan, jangan menghentikan mobil secara mendadak di tengah jalan. Carilah lokasi yang aman, misalnya bahu jalan yang lebar atau area parkir.

Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan

Selain menghindari tindakan fatal di atas, berikut beberapa tindakan yang sebaiknya dilakukan saat mengalami rem blong:

  • Tetap tenang dan jangan panik.
  • Injak pedal rem sekuat tenaga, meskipun tidak ada respons.
  • Gunakan rem tangan secara bertahap, jangan langsung ditarik penuh.
  • Turunkan gigi kendaraan ke posisi rendah (1 atau 2).
  • Carilah area kosong untuk menghentikan kendaraan.
  • Nyalakan lampu hazard dan klakson untuk memberi peringatan kepada pengemudi lain.

Dengan memahami tindakan yang sebaiknya dilakukan dan dihindari saat rem blong, pengemudi dapat meningkatkan peluang keselamatan diri dan orang lain. Jadi, selalu periksa kondisi rem mobil secara berkala dan waspadai potensi bahaya rem blong.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini