Bushing rack steer, komponen kecil namun krusial pada sistem kemudi mobil, kerap menjadi sumber ketidaknyamanan bagi penumpang. Ketika komponen ini aus, bunyi ketukan yang ditimbulkan setiap kali kendaraan melintasi jalan rusak dapat membuat was-was.

Sepele memang, tapi bunyi tersebut bisa jadi indikasi masalah serius yang mengancam keselamatan berkendara. Muchlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, menjelaskan bahwa bushing rack yang aus masih memungkinkan mobil berjalan, namun rasa tidak nyaman yang ditimbulkan sangat mengganggu konsentrasi pengemudi.

"Bushing rack yang aus itu sebenarnya masih bisa dipakai, tapi bikin tidak nyaman. Tapi perlu diingat, ada kemungkinan bunyi ketukan itu berasal dari komponen lain, bahkan bisa berbahaya," ujar Muchlis.

Penyebab dan Solusi

Bushing rack yang aus biasanya disebabkan oleh masa pakai yang sudah lama. Saat komponen ini pipih, maka kemampuannya menahan poros rack berkurang, menimbulkan bunyi ketukan.

"Pilihannya ada dua, ganti rack steer assy atau ganti bushingnya saja," kata Muchlis.

Ganti rack steer assy memang lebih mahal, namun menjamin kualitas dan durabilitas. Sementara itu, ganti bushing saja lebih murah dan mempertahankan rack steer bawaan pabrik.

Pentingnya Onderdil Genuine

Muchlis sangat menekankan pentingnya menggunakan onderdil genuine, khususnya untuk komponen vital seperti rack steer. Onderdil genuine memiliki kualitas dan durabilitas yang lebih terjamin, apalagi mengingat rack steer berpengaruh langsung terhadap keselamatan penumpang.

"Jangan tergiur harga murah onderdil KW yang kualitasnya tidak sebaik yang asli. Keselamatan jauh lebih penting," pesan Muchlis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini