Starlet kotak atau yang dikenal sebagai Starko, merupakan mobil lawas yang kembali populer karena tampilannya yang menawan dan harga yang terjangkau. Meski demikian, sebagai mobil tua, Starko tetap memerlukan penyesuaian agar sesuai dengan teknologi modern.

Salah satu komponen penting yang sering ditambahkan pada Starko adalah power steering. Mobil keluaran tahun tersebut belum dilengkapi dengan fitur ini, sehingga pemasangannya dapat meningkatkan kenyamanan berkendara.

Menurut Mamang Mawardi, pemilik bengkel spesialis Toyota Starlet Depok Auto Care, pemasangan power steering pada Starko cukup mudah karena beberapa komponennya dapat menggunakan suku cadang dari mobil Toyota lainnya.

"Rack steer antara Toyota Soluna dan Starlet itu sama. Hanya saja punya Soluna lebih lebar. Tapi kalau sendiri itu sama persis," ungkap Mamang.

Untuk tabung power steering, dapat menggunakan milik Soluna atau Kijang generasi lama. Namun, untuk pompa, Mamang menyarankan menggunakan yang asli untuk memastikan tekanan oli yang sesuai standar.

"Selang juga diusahakan original. Karena kalau tidak original biasanya bunyi dengung saat belok," tambahnya.

Penambahan power steering pada Starko tidak hanya meningkatkan kenyamanan berkendara, tetapi juga membuat mobil ini lebih mudah dikendalikan, terutama saat bermanuver pada kecepatan rendah atau di tempat parkir yang sempit.

Dengan harga yang relatif terjangkau, penambahan power steering pada Starko menjadi solusi praktis bagi pemilik yang ingin memperbarui mobil mereka tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Selain itu, adanya bengkel spesialis yang berpengalaman dalam menangani Starko juga memudahkan proses pemasangan dan perawatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini