Membeli mobil bekas yang kerap berlalu-lalang di perkotaan memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, kemacetan yang menjadi momok di kota-kota besar membuat mesin mobil bekerja lebih berat, bahkan saat idle (mesin menyala namun kendaraan tak bergerak). Kondisi ini berpotensi mempercepat kerusakan pada komponen mesin dan oli.

Meski kendaraan tak melaju, komponen mesin tetap mengalami gesekan dan panas. Gesekan ini berpengaruh pada cepatnya degradasi oli. Jeffrey Andika, pakar dari Otospector, layanan inspeksi mobil bekas profesional, mengungkap tanda-tanda mesin yang tak dirawat baik bisa dilihat dari kondisi oli.

"Jika mengikuti rekomendasi pabrikan, oli biasanya diganti setiap 10.000 kilometer. Tapi pada mobil bekas, terutama yang sering terjebak macet, kerak bisa terbentuk di tabung oli. Hal ini bisa dilihat saat membuka tutup oli dan memeriksa pinggiran lubang oli," jelasnya.

Selain oli, mobil yang sering terjebak kemacetan juga rentan mengalami penurunan performa pada komponen lain, seperti kampas rem, kopling, dan sistem pendinginan. Saat terjebak macet, mobil lebih sering menggunakan rem dan kopling, yang menyebabkan keausan lebih cepat. Demikian pula dengan sistem pendinginan yang harus bekerja ekstra karena mesin tetap panas meskipun kendaraan tak bergerak.

Jeffrey menambahkan, calon pembeli mobil bekas perkotaan perlu memeriksa riwayat perawatan mobil dengan lebih cermat. Mobil yang sering menghadapi kondisi idle membutuhkan perawatan lebih intensif, seperti penggantian oli lebih sering daripada rekomendasi pabrikan.

"Jika mobil sering terjebak macet, penggantian oli sebaiknya lebih rutin untuk mencegah penumpukan kerak yang bisa merusak komponen mesin, yakni per 5.000 kilometer," tambah Jeffrey.

Selain mesin dan oli, pembeli juga disarankan untuk memeriksa kondisi rem dan sistem pendinginan, karena kedua komponen ini sering bekerja keras saat menghadapi kemacetan. Layaknya kesehatan manusia, kendaraan juga memerlukan pemeliharaan yang baik dan teratur. Terlebih, mobil bekas yang pernah digunakan di perkotaan.

Maka dari itu, sangat disarankan menggunakan jasa inspeksi mobil bekas yang profesional untuk memastikan tidak ada komponen yang terlewat saat melakukan pengecekan. Hal ini juga untuk menghindari kerugian di kemudian hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini