Produsen mobil mewah BMW Grup terus menunjukkan performa positif di pasar Indonesia. Pada 2023, BMW Grup berhasil menjadi merek mobil mewah terlaris dengan penjualan mencapai 5.063 unit. Tren positif ini berlanjut hingga Agustus 2024.

Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, mengungkapkan rasa syukur atas kepercayaan konsumen premium terhadap BMW Grup di Indonesia. Penjualan BMW Grup hingga Agustus 2024 mencapai hampir 2.500 unit, dengan penurunan yang tidak signifikan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023.

"Secara keseluruhan, penjualan kami tidak mengalami penurunan, karena hanya mengalami penurunan sekitar 1 persen. Hal ini lebih disebabkan oleh keterlambatan pengiriman unit kepada pelanggan, sehingga jumlahnya tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan," jelas Jodie.

BMW Group juga menguasai pangsa pasar mobil listrik di Indonesia, dengan raihan sebesar 59%. Sementara pangsa pasar BMW secara keseluruhan mencapai 38%. Kontribusi penjualan MINI turut memperkuat posisi BMW Grup di pasar premium.

Meski Indonesia tengah menghadapi dinamika ekonomi dan politik, Jodie menyatakan bahwa hal tersebut tidak berdampak signifikan pada konsumen kelas atas atau segmen premium. Saat ini, konsumen premium cenderung bersikap wait and see sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan premium.

"Pelaku bisnis secara keseluruhan, termasuk konsumen premium, akan bersikap wait and see untuk melihat apakah kondisi ekonomi dan politik kondusif," ujar Jodie.

Jodie meyakini bahwa situasi wait and see tidak akan berdampak pada merek premium seperti BMW. Pasalnya, konsumen premium memiliki daya beli dan kebutuhan yang berbeda dibandingkan dengan konsumen umum.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini