Saat mencuci mobil di rumah, beberapa orang memilih menggunakan sabun cuci piring karena dianggap efektif menghilangkan lemak. Namun, apakah aman menggunakannya untuk bodi mobil?

Menurut Verdi, pemilik bengkel poles Dinasti Polish, penggunaan sabun cuci piring jenis food grade masih aman untuk mobil. "Kalau untuk piring yang dipakai manusia saja aman, berarti untuk bodi mobil juga aman," ujarnya.

Ia menyarankan agar penggunaan sabun cuci piring tidak berlebihan dan hanya berbusa secukupnya. Sebab, sabun cuci piring mengandung bahan kimia yang dapat mengikis pernis cat mobil, sehingga menimbulkan kusam dan korosi.

Namun, pendapat berbeda disampaikan oleh Christopher Sebastian, CEO Kabuki Auto Shop. Ia tidak menyarankan penggunaan sabun cuci piring untuk mobil. Pasalnya, piring dan cat mobil memiliki karakteristik berbeda dan memerlukan cara pembersihan yang berbeda pula.

"Mencuci pakai sabun cuci piring meningkatkan risiko pengikisan pada pernis cat mobil," kata Christopher. "Selain itu, zat kimia dalam sabun cuci piring juga bisa merusak lapisan coating kalau sudah diberi lapisan tersebut."

Jika terpaksa menggunakan sabun cuci piring, Christopher menyarankan untuk memilih sabun yang paling ringan atau sedikit zat kimianya. Misalnya, sabun atau sampo bayi.

Jadi, apakah Anda masih ingin menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil? Keputusannya ada di tangan Anda. Namun, pahamilah risiko yang mungkin timbul dari penggunaan sabun yang bukan peruntukannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini