Dalam perkembangan industri otomotif yang pesat, teknologi mobil hybrid semakin dilirik oleh para konsumen. Menyadari hal tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) dikabarkan tengah bersiap untuk memperkenalkan HR-V e:HEV di Indonesia.

Tanda-tanda kehadiran HR-V hybrid semakin kuat ketika muncul dua kode baru dalam laman Samsat DKI Jakarta, yaitu RV58 CVT ZZ dan RV58 RS CVT ZZ. Kode RV tersebut diketahui merupakan kode bodi Honda HR-V.

Meski belum memberikan konfirmasi resmi, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, mengisyaratkan bahwa pendaftaran administratif di Samsat tidak selalu berarti bahwa mobil tersebut akan segera dipasarkan di Indonesia.

"Pendaftaran di Samsat merupakan proses administratif yang belum mengacu pada waktu produksi atau peluncuran produk tertentu," ujar Billy.

Namun, melihat besarnya potensi pasar mobil hybrid di Indonesia, tidak menutup kemungkinan bahwa Honda akan segera merilis HR-V e:HEV. Apalagi, saat ini Honda belum memiliki line up mobil hybrid yang dirakit di Indonesia.

Pasar mobil hybrid di Indonesia memang tengah berkembang pesat. Data Gaikindo menunjukkan bahwa penjualan mobil hybrid secara wholesales mencapai 54.179 unit pada tahun lalu. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai 10.344 unit.

Billy mengatakan, Honda melihat teknologi hybrid sebagai solusi elektrifikasi yang paling praktis saat ini. Pasalnya, mobil hybrid menawarkan penghematan bahan bakar yang signifikan, perawatan yang mudah, dan pengisian bahan bakar yang praktis.

"Konsumen juga sudah teredukasi tentang kelebihan mobil hybrid," kata Billy.

HR-V merupakan salah satu model terlaris Honda di Indonesia. Billy mengungkapkan bahwa kontribusi HR-V saat ini sekitar 16-18 persen dari total penjualan Honda. Kehadiran HR-V hybrid tentu diharapkan dapat semakin memperkuat posisi Honda di pasar otomotif Indonesia.

Mari kita nantikan kehadiran resmi Honda HR-V e:HEV di Indonesia. Besar kemungkinan mobil tersebut akan menggebrak pasar otomotif Indonesia dan menambah persaingan di segmen SUV kompak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini