Sebagai pemilik mobil, perawatan rutin menjadi hal penting untuk menjaga performa kendaraan tetap prima. Salah satu aspek krusial yang perlu diperhatikan adalah kinerja AC mobil. Meski perawatan dilakukan oleh pihak bengkel, Anda tetap perlu memastikan kualitas hasilnya.

Berikut tips mudah untuk memastikan AC mobil sudah bekerja dengan baik setelah perawatan:

1. Periksa Aliran Udara

Periksa aliran udara dari ventilasi AC. Pastikan hembusan angin terasa kencang saat posisi blower maksimal. Rasakan juga suhu udara yang keluar, apakah sudah cukup sejuk.

2. Periksa Selang AC

Sentuh selang AC bagian low pressure. Rasakan apakah selang terasa dingin seperti es, tetapi tidak sampai membeku atau terdapat bunga es. Adanya air yang menempel pada selang masih wajar.

3. Periksa Saluran Pembuangan Air

Setelah AC bekerja, periksa saluran pembuangan air yang terletak di kolong mobil. Air buangan AC seharusnya menetes atau terbuang ke luar. Jika tidak, kemungkinan pemasangan AC setelah perawatan tidak tepat, yang dapat menyebabkan air menggenang di lantai mobil dan karpet.

Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat memastikan kinerja AC mobil sudah optimal pasca perawatan. Performa AC yang baik tidak hanya menjaga kenyamanan berkendara, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan dan keselamatan di dalam mobil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini