Pendahuluan

Maxus 9, MPV listrik bongsor berdesain mewah, telah menjadi perbincangan hangat di tanah air. Namun, kehadirannya menimbulkan polemik karena dipasarkan oleh dua pihak berbeda, yaitu Indomobil dan MG Motor Indonesia. Artikel ini akan mengulas polemik tersebut dan membahas tanggapan dari MG Motor Indonesia sebagai pemilik merek.

Poin-poin Polemik

Awalnya, Maxus 9 diluncurkan pada GIIAS 2023 dengan nama Maxus Mifa 9 oleh PT Indomobil Wahana Trada, anak perusahaan Indomobil Group. Saat itu, tersebar kabar bahwa Indomobil berencana merakit MPV listrik tersebut di fasilitas Cikampek.

Namun, pada 2024, MG Motor Indonesia juga memperkenalkan Maxus 9 dengan nama yang sama. Model ini dipamerkan di beberapa ajang otomotif besar, seperti IIMS, PEVS, dan GIIAS. Kehadiran MG Maxus 9 di ajang tersebut menimbulkan pertanyaan tentang legalitas pemasaran oleh pihak lain.

Tanggapan MG Motor Indonesia

Pihak MG Motor Indonesia melalui ATL Manager & Creative Strategist, Muhamad Irvan Mustafa, menanggapi polemik pemasaran Maxus 9 oleh pihak lain. Irvan menyatakan bahwa MG tidak berkomentar tentang penjualan oleh merek lain.

Ia menegaskan bahwa MG tetap memiliki rencana untuk mengimpor dan memasarkan Maxus 9 melalui jaringan MG di Indonesia. "Kita punya plan untuk membawa atau impor, atau memasarkan Maxus 9 melalui base-nya MG akan tetap ada, akan tetap jalan," ungkap Irvan.

Rencana Peluncuran

Irvan menambahkan bahwa Maxus 9 dijadwalkan meluncur resmi di Indonesia pada 2025. Waktu peluncuran yang tepat masih dalam pertimbangan. "Akan tetap meluncur. Cuma waktunya, apakah di tahun depannya di quarter berapanya, kita masih belum putuskan," sambung Irvan.

Spesifikasi dan Keunggulan

Maxus 9 menawarkan tenaga hingga 245 PS dan torsi 350 Nm. Baterai lithium-ion berkapasitas 90 kWh-nya memberikan jarak tempuh impresif hingga 540 km dalam sekali pengisian penuh. Selain itu, MPV listrik ini telah meraih rating keselamatan 5-bintang dari Euro NCAP.

Kesimpulan

Polemik pemasaran Maxus 9 di Indonesia masih bergulir. Pihak MG Motor Indonesia menegaskan bahwa mereka memiliki rencana untuk memasarkan model tersebut secara resmi. Konsumen perlu menunggu informasi lebih lanjut mengenai waktu peluncuran dan harga jual dari MG Motor Indonesia sebagai pemegang merek resmi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini