Bukan hanya kehabisan bensin, ternyata mesin motor juga bisa mogok karena kekurangan oli. Hal ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang.

Namun, menurut Giovani, pemilik bengkel Giovani Motor Cawas, Klaten, meski oli tidak berhubungan langsung dengan kebutuhan mesin motor untuk beroperasi, oli berperan penting sebagai perapat di area ring piston.

"Tanpa oli, ring piston yang sudah kurang prima atau aus mungkin tidak mampu menghasilkan udara bertekanan cukup tinggi, yang merupakan syarat terjadinya proses pembakaran," jelas Gio.

Ring piston yang kurang oli berpotensi tidak rapat, sehingga udara pada ruang bakar sebagian menggembos. "Dengan begitu, meski bensin cukup dan percikan bunga api pada busi bagus, mesin tetap tidak mau hidup karena kompresinya kurang," imbuhnya.

Jadi, dalam kondisi tertentu, motor mogok memang bisa disebabkan oleh habisnya oli, karena perannya sebagai perapat ring piston di area ruang bakar. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar oli dan melakukan penggantian rutin sesuai rekomendasi pabrikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini