Jakarta, Kompasiana – Grab Indonesia kembali memperkuat komitmennya dalam mewujudkan ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan di Indonesia. Kali ini, Grab menambah armada mobil listriknya sebanyak 1.000 unit, yang didominasi oleh BYD M6.

Peluncuran armada GrabCar Electric tersebut diselenggarakan pada Jumat (26/8) di Ecovention Ancol, Jakarta. Acara dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Wakil Presiden Republik Indonesia Terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka.

Penambahan armada mobil listrik ini merupakan bagian dari upaya Grab untuk mendukung target pemerintah mencapai emisi nol bersih (net zero emission) pada tahun 2060. Dengan terealisasinya 1.000 unit mobil listrik, Grab akan mengoperasikan total 11.000 kendaraan listrik di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Grab mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Langkah ini tidak hanya mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target emisi nol bersih, tetapi juga menunjukkan bagaimana sektor swasta dapat berperan aktif menciptakan transportasi yang lebih bersih dan berkelanjutan," ujar Budi Karya Sumadi.

Memperluas Ekosistem Kendaraan Listrik

Grab telah aktif mengoperasikan kendaraan listrik roda dua dan roda empat sejak 2019. Hingga saat ini, armada GrabElectric telah menempuh lebih dari 270 juta kilometer perjalanan, setara dengan 6.900 kali keliling bumi.

Inisiatif ini telah berkontribusi signifikan dalam mengurangi emisi karbon sebesar 26.000 ton, setara dengan penghematan lebih dari 11 juta liter BBM.

"Sebagai bagian masyarakat Indonesia, kami merasa bangga bisa mempelopori keberadaan kendaraan listrik di industri ride-hailing, dan terus berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan," kata Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi.

Ia menambahkan, Grab akan terus menghadirkan solusi mobilitas yang ramah lingkungan bagi masyarakat, sekaligus mengakselerasi perkembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Fleksibilitas Jam Kerja Mitra Pengemudi

Peluncuran armada baru GrabCar Electric juga bertepatan dengan Hari Mitra Grab. Acara ini dihadiri oleh 2.000 perwakilan Mitra Pengemudi dari seluruh Indonesia.

Grab menegaskan komitmennya untuk terus memberdayakan para Mitra dengan memberikan peluang penghasilan tambahan melalui pengaturan jam kerja yang fleksibel.

"Kami percaya bahwa fleksibilitas jam kerja adalah kunci dalam menciptakan kesempatan ekonomi yang memungkinkan setiap orang, tanpa memandang latar belakang, buat meraih penghasilan dan memenuhi kebutuhan mereka," jelas Neneng.

Dengan menghubungkan ratusan ribu Mitra Pengemudi ke jutaan pengguna di seluruh Indonesia, Grab berharap semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati manfaat dari platformnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini