Mobil pertama Aston Martin, yang dikenal dengan julukan "Coal Scuttle," memiliki sejarah yang penuh misteri. Mobil ini dibuat pada tahun 1914 oleh Lionel Martin dan Robert Bamford, pendiri Aston Martin. Meskipun mobil ini didaftarkan dengan merek Aston Martin pada tahun 1915, pada dasarnya mobil ini lebih merupakan prototipe daripada mobil produksi massal.

Pengembangan Coal Scuttle terhenti karena Perang Dunia I yang berlangsung dari tahun 1914 hingga 1918. Setelah perang, Aston Martin melanjutkan proyek mobil tersebut dan mengikutsertakannya dalam berbagai ajang balap pada awal 1920-an. Mobil ini mengalami banyak perubahan selama pengembangannya, termasuk modifikasi pada bagian eksterior.

Pada tahun 1924, Aston Martin menjual mobil tersebut seharga 50 poundsterling, yang pada saat itu merupakan jumlah yang cukup besar. Sayangnya, catatan mengenai siapa pembelinya dan ke mana mobil tersebut pergi setelah dijual menghilang. Hingga kini, keberadaan mobil pertama Aston Martin ini masih menjadi misteri.

Aston Martin Heritage Trust terus berupaya mencari jejak mobil tersebut. Namun, pencarian ini semakin sulit karena Coal Scuttle tidak memiliki emblem khusus yang digunakan pada mobil-mobil Aston Martin saat ini. Meskipun demikian, pihak Aston Martin percaya bahwa mobil tersebut masih ada dan tidak berakhir di tempat pembuangan besi tua.

Mobil ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, dan kemungkinan besar menjadi barang kolektor karena statusnya sebagai mobil balap yang pernah digunakan. Pencarian mobil pertama Aston Martin ini menjadi salah satu upaya untuk melestarikan sejarah dan warisan merek mobil legendaris ini.

Kompas.com
Okezone.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini