Continuously Variable Transmission (CVT) adalah jenis transmisi yang banyak digunakan pada mobil matik terbaru. Meskipun CVT dianggap lebih efisien dan nyaman karena pentransferan tenaga yang lebih lembut, namun ada beberapa masalah yang sering dijumpai, seperti overheat, selip, dan bahkan kerusakan pada sabuk bajanya.

Berikut adalah beberapa jurus jitu untuk menjaga CVT agar lebih awet:

  1. Perawatan Berkala: Lakukan pemeriksaan berkala di bengkel terkait kondisi CVT Fluid dan gantilah oli jika sudah mencapai kriteria tertentu, tergantung pada kondisi penggunaan. Oli yang khusus didesain untuk mobil matik CVT akan membantu menjaga kualitas transmisi.

  2. Cara Penggunaan yang Benar: Ketika parkir dan melakukan pemindahan dari posisi "D" ke "R" atau sebaliknya, pastikan kendaraan benar-benar berhenti sebelum mengganti posisi. Hal ini akan mengurangi beban pada torque converter dan sabuk baja.

  3. Hindari Beban Berat: CVT lebih diperuntukkan untuk kendaraan yang mengutamakan kenyamanan daripada pemanfaatan tenaga saat akselerasi. Jadi, hindari mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas kendaraan.

  4. Ganti Oli Terjadwal: Rajin melakukan pergantian oli transmisi setiap 20.000 kilometer (km) untuk menjaga kinerja CVT[^11^].

Ingatlah bahwa perawatan yang baik akan membantu memperpanjang umur CVT mobil matik Anda. Semoga informasi ini bermanfaat! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini