Pada tanggal 16 Juni 2024, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan Yamaha NMAX Turbo dengan pembaruan fitur yang cukup canggih. Salah satu yang menarik adalah perubahan pada sektor transmisi, di mana NMAX Turbo menggunakan teknologi baru di kelasnya, yaitu Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT). Teknologi YECVT menghilangkan kebutuhan akan roller pada CVT konvensional. Proses menggerakkan puli primer digantikan oleh motor penggerak, sehingga pengendara dapat mengatur perpindahan sesuai keinginan.

Untuk merasakan sensasi ‘turbo’ pada skutik ini, pengendara dapat memilih dua mode berkendara: T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring). Fitur YECVT juga dapat dioperasikan melalui Y-Shift di setang sebelah kiri dengan tiga tingkatan: Low (1), Medium (2), dan High (3). Y-Shift tidak hanya berfungsi saat akselerasi, tetapi juga untuk deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan menurun dan saat masuk tikungan.

Menariknya, meskipun terlihat sebagai teknologi baru, CVT elektronik bukanlah hal baru bagi Yamaha. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2007, ketika Yamaha Majesty 250 menjadi skutik pertama yang menerapkan teknologi CVT Elektronik. Suzuki juga telah mengembangkan teknologi serupa sejak 2002 dengan motor matic bongsor Suzuki Skywave 650 yang menggunakan sistem transmisi CVT elektronik .

Semoga informasi ini bermanfaat! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini