Pada tanggal 31 Mei 2024, Tan Chong International Limited (TCIL) dan Subaru Corporation mengumumkan rencana untuk menghentikan operasi perakitan lokal (CKD) mobil-mobil Subaru di Asia Tenggara. Keputusan ini berlaku mulai tahun 2025. TCIL adalah perusahaan induk Motor Image Group, distributor regional eksklusif kendaraan Subaru di sebagian besar wilayah Asia.

Pabrik Subaru pertama di luar Jepang di Asia beroperasi di Thailand sejak 2018. Pabrik ini memproduksi Subaru Forester generasi kelima untuk pasar Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja. Di Malaysia, Subaru juga memiliki pabrik CKD yang merakit model Subaru XV. Namun, perusahaan percaya bahwa model bisnis CKD tidak lagi berkelanjutan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk mengimpor mobil-mobil Subaru secara penuh (CBU) dari Jepang untuk pasar Asia Tenggara.

Keputusan ini menandai perubahan strategis bagi Subaru di kawasan ini. Meskipun Indonesia tidak terlalu terdampak oleh kebijakan ini karena Subaru Indonesia telah mengimpor mobil Subaru dari Jepang sejak awal, perubahan ini akan mempengaruhi pasar mobil Subaru di Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja.{: .note}

Semoga informasi ini membantu! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya. 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini