Bushing lower arm merupakan komponen yang menjaga peredaman guncangan antara lower arm dengan sambungan roda pada mobil. Namun, ketika bushing lower arm mengalami kerusakan, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah cukup mengganti karet saja atau harus mengganti seluruh set bushing.

Gejala Kerusakan Bushing Lower Arm

Bushing lower arm bisa pecah karena pemakaian dan sering melewati kondisi jalan rusak. Teknisi bengkel menyebutkan bahwa gejala kerusakan bushing bisa terdeteksi dari guncangan pada lower arm saat dipegang. Selain itu, saat mobil melaju pada kecepatan tertentu, ada kemungkinan terdengar bunyi oblak yang menandakan kerusakan pada bushing. Saat roda diangkat dengan dongkrak, akan terasa guncangan pada roda.

Ganti Karet atau Satu Set?

Apabila bushing lower arm pecah, apakah perlu mengganti seluruh set bushing atau hanya karetnya saja? Menurut teknisi, jika karet bushing masih retak dan ada bagian karet yang mengganjal, kemungkinan merusak selongsong lower arm lebih kecil karena masih ada ketahanan dari karet. Namun, jika bushing arm sudah pecah hingga tidak ada karetnya, maka sebaiknya mengganti seluruh set bushing .

Jadi, kesimpulannya, jika bushing lower arm pecah, lebih baik memeriksa kondisi karetnya. Jika hanya karet yang rusak, ganti karet saja. Namun, jika karet sudah pecah total, disarankan untuk mengganti seluruh set bushing agar peredaman tetap optimal.

Semoga informasi ini membantu! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini