Foto: Tanjakan Spongebob di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat menjadi pilihan jalan alternatif ratusan kendaraan wisatawan untuk melangsungkan perjalanan arus balik menuju Kota Bandung.

KLATEN, KOMPAS.com – Mobil modern keluaran terbaru banyak mengandalkan sistem penggerak roda depan (FWD) demi meningkatkan efisiensi. Perangkat yang semakin ringkas tidak hanya memangkas biaya produksi tapi juga dapat mengurangi bobot kendaraan. Sehingga, dengan sistem FWD diharapkan mobil bisa lebih hemat BBM dan bertenaga.

Namun, ada mitos yang beredar bahwa mobil dengan sistem FWD lemah untuk melibas tanjakan. Beberapa peristiwa menunjukkan bahwa mobil FWD kesulitan melewati tanjakan. Namun, apakah benar mobil FWD lemah saat menanjak?

Menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC), mobil dengan sistem FWD lebih rawan selip saat melewati tanjakan, tapi jika dikendarai dengan benar seharusnya tidak akan menjadi masalah. Berikut beberapa tips untuk mengatasi tantangan menanjak dengan mobil FWD:

  1. Jaga Traksi: Ketika ingin melewati rintangan yang licin, jangan menekan gas terlalu dalam karena penggerak roda depan lebih mudah kehilangan cengkraman. Kalau ban mobil sudah spin, kendaraan akan merosot ketika di tanjakan atau diam ditempat.

  2. Mulai Berjalan dengan Hati-hati: Saat mobil mulai bergerak di tanjakan, pastikan roda berputar secara perlahan untuk menjaga traksi atau gigitan tapak ban dengan permukaan jalan. Gunakan juga rem tangan ketika memulai perjalanan di tanjakan. Turunkan rem tangan dan tekan gas secara halus dan bertahap, jangan buru-buru menginjaknya.

  3. Manfaatkan Fitur Pendukung: Pabrikan mobil dengan sistem FWD sudah menyediakan fitur penunjang seperti traction control (TCS) dan hill start assist (HSA). TCS akan mengurangi tenaga mesin lewat pembatasan putaran mesin, dan HSA membantu mencegah mundur saat memulai di tanjakan.

Jadi, meskipun ada tantangan, mobil FWD sebenarnya bisa mengatasi tanjakan dengan baik jika pengemudi memahami cara mengendarainya dengan benar. Jadi, jangan terlalu percaya pada mitos bahwa mobil FWD tidak kuat nanjak!

Sumber
Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini