Motor listrik menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Meski sudah ada baterai berukuran besar, sebagian motor listrik ternyata tetap dibekali dengan aki. Aki, yang juga disebut sebagai baterai, memiliki fungsi untuk menyimpan daya atau tegangan yang diperlukan untuk menghidupkan beberapa perangkat kelistrikan pada kendaraan.

Contohnya, pada motor listrik seperti Honda PCX Electric, selain memiliki baterai besar, juga dilengkapi dengan aki kecil. Aki ini berperan dalam menyuplai kelistrikan untuk lampu-lampu, klakson, dan perangkat lainnya. Tegangan dari aki lebih konstan karena menggunakan tegangan direct current (DC), sedangkan motor listrik biasa sering menggunakan converter untuk menurunkan tegangan, yang tidak selalu konstan jika ada aki.

Meskipun tegangannya tidak konstan, motor listrik lainnya yang tidak menggunakan aki cenderung memerlukan perawatan yang lebih sedikit. Aki biasanya memiliki usia pakai hanya beberapa tahun, sehingga biaya perawatan untuk pergantian komponen aki dapat berkurang. Kisaran harga aki motor cukup variatif, tergantung pada jenis baterai atau kapasitasnya.

Semoga informasi ini membantu! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini