Sobat yang kerap melintas di jalan tol Cipali pasti sering menemui marka jalan garis melengkung segitiga. Jumlah garisnya tidak hanya satu, namun banyak. Sebagian dari sobat mungkin belum mengetahuinya. Marka jalan seperti itu dinamakan Chevron Reducing Marking.

Ahmad Wildan, Senior Investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), menjelaskan bahwa marka ini bertujuan untuk mempengaruhi pengemudi agar menurunkan kecepatannya. Chevron Reducing Marking biasa dipakai oleh pihak terkait untuk mengurangi kecepatan di jalan. Pada jalan antar kota atau jalan dengan desain speed tinggi, tidak boleh memasang speed bump atau polisi tidur karena hal ini berbahaya.

Marka Chevron Reducing Marking biasanya dipasang pada:

  • Jalan lurus menikung (pada ramp exit tol).
  • Jalan lurus panjang.

Saat ini, Chevron Reducing Marking dipasang di beberapa ruas jalan tol, termasuk ruas jalan tol Cipali dan ruas jalan tol Solo-Ngawi .

Jadi, jika Anda melihat garis melengkung segitiga di jalan tol, ingatlah bahwa itu adalah Chevron Reducing Marking yang bertujuan untuk mengurangi kecepatan pengemudi. Semoga informasi ini bermanfaat! 😊

Terjawab Sudah, Ini Fungsi Garis Melengkung Segitiga yang Ada di Tol
Wajib Paham, Ini Fungsi Marka Garis Melengkung Segitiga di Jalan Tol

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini