Kebijakan pemerintah yang memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik baru telah dinilai efektif oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI). Saat ini, kebijakan tersebut berlaku hingga akhir tahun ini. Namun, pertanyaannya adalah apakah subsidi motor listrik akan diperpanjang lagi di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Sebagai catatan, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah memberikan subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit untuk satu KTP. Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No 6 Tahun 2023 tentang pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai Roda Dua.

Ketua Umum AISMOLI, Budi Setiyadi, berharap bahwa pemerintah baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan subsidi motor listrik ini. Menurutnya, kebijakan ini terbukti mampu mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan nonemisi. Budi Setiyadi menyatakan, "Saya mewakili AISMOLI berharap (subsidi) lanjut, karena target 2024 kan diturunkan dari 600 ribu (menjadi 50 ribu unit). Jadi kalau ada sisa, ya dilanjutkan lagi ke tahun 2025 gitu. Mudah-mudahan pemerintah yang baru (Prabowo-Gibran) punya komitmen yang sama."

Hingga saat ini, sudah ada 25 ribu unit motor listrik subsidi yang dipesan oleh konsumen selama lima bulan pertama tahun ini. Harapannya, target 50 ribu unit bisa tercapai di bulan ke-10. Budi Setiyadi berharap bahwa motor listrik akan semakin populer di Indonesia. Dia juga menekankan pentingnya pemerintah beralih dari kendaraan bensin ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Dengan pemerintah menggunakan motor listrik dan mobil listrik, diharapkan masyarakat akan mengikuti contoh penggunaan yang sama.

Semoga informasi ini membantu! 😊

Subsidi Motor Listrik Diharapkan Lanjut di Pemerintahan Prabowo-Gibran
Berakhir Tahun Ini, Aismoli Berharap Subsidi Motor Listrik Berlanjut di …
Aismoli Harap Program Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Berlanjut di … – VOI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini