Pengguna mobil dengan transmisi manual seringkali mengalami masalah slip pada kopling. Kopling adalah komponen yang berfungsi menyalurkan tenaga mesin menuju transmisi, yang kemudian menggerakkan roda. Gejala slip kopling terjadi ketika kita merasakan putaran mesin meninggi, tetapi tidak dibarengi dengan laju mobil. Mobil akan terasa seperti berjalan di tempat, sementara putaran mesin sudah naik.

Penyebab dari slip kopling pada transmisi manual dapat bervariasi. Salah satunya adalah bagian pelat kopling yang mulai mengalami aus atau gosong. Pelat kopling akan bergesekan dengan clutch cover dan flywheel seiring waktu pemakaian, sehingga mengalami keausan. Saat kondisi tertentu, grip dari pelat kopling ini menjadi tidak maksimal, yang menyebabkan slip.

Jika Anda mengalami gejala slip kopling pada mobil Anda, sebaiknya periksa kondisi pelat kopling dan lakukan perawatan yang diperlukan. Ingatlah bahwa penggunaan oli transmisi yang tepat juga memainkan peran penting dalam menjaga kinerja kopling.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini