Mesin mobil standar yang dipasang turbo dapat memberikan peningkatan tenaga yang signifikan. Namun, apakah aman melakukan modifikasi ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa yang Terjadi Ketika Mesin Standar Dipasang Turbo?

  1. Peningkatan Tenaga: Dengan memasang turbo, tenaga mesin akan langsung naik. Turbo memampatkan udara masuk ke dalam silinder, sehingga lebih banyak bahan bakar dapat terbakar, menghasilkan tenaga lebih besar.
  2. Tekanan Turbo: Kompresor turbo harus diset dengan tekanan yang tepat. Biasanya, tekanan turbo diatur sekitar 0,5 bar. Ini penting agar mesin tidak mengalami kerusakan akibat tekanan yang terlalu tinggi.
  3. Injektor dan Pengabutan: Mesin hanya perlu mengganti injektor dengan debit pengabutan yang lebih besar. Pengabutan bahan bakar yang lebih banyak diperlukan untuk mengakomodasi tekanan kompresi yang lebih tinggi.
  4. Remap ECU: Semua pengaturan dapat dilakukan melalui remap ECU bawaan tanpa perlu mengganti ECU stand-alone. Ini memastikan kekuatan blok mesin tetap terjaga.

Pertimbangan Aman

  • Jangan Memaksakan Boost Tinggi: Karena kondisi mesin standar tidak bisa dipaksakan boost turbo yang terlalu tinggi, agar menghindari kerusakan.
  • Perhatikan Tanda-Tanda Mesin Layak: Pastikan mesin mobil tidak ngebul, komponen mesin tidak mengeluarkan suara metalik, dan tidak ada kerak pada komponen mesin. Ini menandakan bahwa mesin layak untuk dipasang turbo.

Ingatlah bahwa modifikasi pasang turbo tanpa ubahan pada sektor mesin bisa memangkas biaya, tetapi tetap perlu dilakukan dengan hati-hati. Semoga informasi ini membantu Anda memahami lebih lanjut tentang pasang turbo pada mesin mobil standar!

Harus Tahu, Inilah Akibatnya Bila Mesin Standar Mobil Dipasang Turbo
Pasang Turbo ke Mesin Standar Tanpa Ubah Jeroan, Apa Aja yang Nempel?
Tak Sulit, Ini Cara Pasang Turbo di Mobil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini