JAKARTA, 18 Mei 2024 – Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan pengendara motor yang melakukan aksi freestyle di jalan raya. Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif, tampak pengendara motor yang sedang melaju di jalan raya menggunakan riding gear yang lengkap, mulai dari helm, jaket, celana panjang, sepatu hingga sarung tangan.

Pengendara motor itu juga tampak melakukan aksi freestyle dengan mengangkat kaki ke jok motor, melepaskan tangan, dan bergaya untuk konten. Namun, selang beberapa detik kemudian, pria yang mengendarai motor matik menabrak mobil berwarna putih yang berada tepat di depannya.

Aksi ini tentu sangat berbahaya dilakukan di jalan raya, sebab tak hanya berpotensi mencelakai diri sendiri tetapi juga bisa merugikan pengguna jalan lain. Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, melakukan freestyle di jalan umum merupakan tindakan yang ilegal. Menurutnya, tindakan akrobatik menggunakan motor sebaiknya dilakukan di area tertutup, bukan di jalan raya. Sebab jika aksinya gagal, bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang lain.

“Sesepi apapun jalan raya, itu tetap ruang publik. Idealnya untuk melakukan aksi seperti itu di ruang tertutup, entah di lapangan atau area parkir yang mudah dilakukan sterilisasi,” ucap Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Pemerhati masalah transportasi dan hukum Budiyanto juga menegaskan bahwa freestyle yang dilakukan di jalan umum merupakan pelanggaran lalu lintas dan berpotensi menyebabkan fatalitas. Budiyanto menambahkan bahwa freestyle di jalan raya merupakan cara mengendarai kendaraan bermotor dengan cara tidak wajar, demonstratif, membahayakan keselamatan berlalu lintas, dan berpotensi terjadinya kecelakaan.

Dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009, telah diatur tentang cara berlalu lintas yang benar. Semoga artikel ini dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya aksi freestyle di jalan raya dan mendorong pengendara untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas. 🛵🚗

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini