Demak, 17 Mei 2024 – Banjir rob di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, masih menjadi perhatian. Terutama bagi pengemudi mobil yang harus melewati genangan air. Bagaimana cara aman melewati banjir agar kendaraan tidak mengalami kerusakan?

Batas Aman Melewati Genangan Air Banjir

Dalam unggahan akun Instagram @infokejadian_sayung, terlihat banjir rob hampir setengah dari diameter ban kendaraan bermotor. Bahkan sepeda motor, mobil, dan truk yang lewat harus memperlambat lajunya untuk melewati jalan yang tergenang. Oleh karena itu, bagi pengemudi mobil, penting untuk mengetahui ambang batas aman melewati banjir agar kendaraan tidak terkena kerusakan.

Menurut Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, batas aman mobil melewati banjir adalah setengah diameter ban. Artinya, jika genangan air lebih tinggi dari setengah diameter ban, risiko air akan terhisap mesin. Jika air sampai masuk ke mesin, bisa mengakibatkan mesin jebol karena terjadi water hammer.

Sementara, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menyatakan bahwa batas mobil aman melewati genangan air atau banjir adalah di bawah air intake (saluran udara). Sebaiknya pengemudi tahu letak air intakenya pada mobil, karena setiap mobil memiliki perbedaan. Jangan menerobos genangan air dengan mobil begitu saja.

Kesimpulan

Pengemudi mobil perlu berhati-hati saat melewati banjir rob. Pastikan genangan air tidak melebihi tinggi setengah ban atau di bawah batas door trim terendah. Jika terlanjur tergenang atau terjebak dalam banjir, segera lakukan penggantian oli pelumas dan lepas terminal baterai untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Keselamatan penumpang dan pengemudi adalah yang utama. Jangan paksakan menerjang banjir jika ketinggian airnya melebihi batas mobil. Jaga kecepatan kendaraan sekitar 20 hingga 30 km/jam saat melewati genangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini