Daihatsu Xenia, mobil multi purpose vehicle (MPV) yang pertama kali hadir pada tahun 2004, telah menjadi salah satu pilihan favorit di pasar otomotif Indonesia. Dalam dua dekade terakhir, popularitasnya terus meningkat, dan saat ini populasi Xenia di Indonesia telah mencapai lebih dari 730.000 unit.

Transformasi Xenia

Selama 20 tahun, Daihatsu Xenia mengalami berbagai transformasi. Dari segi desain, fitur, hingga performa, Xenia terus mengalami perubahan. Pada tahun 2021, Daihatsu memperkenalkan Xenia terbaru dengan dua pilihan mesin: 1.300 cc dan 1.500 cc dengan kode NR-VE Dual VVT-i. Transmisi otomatis konvensional digantikan oleh continuously variable transmission (CVT), yang memberikan performa lebih optimal dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Fitur Modern

Xenia terbaru memiliki tampilan yang lebih futuristik dengan guratan tajam, ground clearance 205 mm, dan radius putar 4,9 meter yang didukung oleh electric power steering. Kabinnya juga lebih nyaman dengan fitur-fitur baru, seperti AC digital, double blower, dan sofa mode untuk perjalanan jauh. Sistem hiburan yang modern meliputi head unit audio display, key free dan start/stop button, steering switch, serta pengisi daya di semua baris penumpang.

Keamanan dan Teknologi

Selain fitur keselamatan standar seperti ABS, EBD, ESS, HSA, dan VSC, Xenia juga dilengkapi dengan teknologi Advanced Safety Assist (ASA). ASA menggunakan sensor stereo kamera kaca depan untuk mendeteksi objek dan memberikan peringatan bagi pengemudi. Fitur ASA meliputi Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Makin lengkap lagi, beberapa varian Xenia dilengkapi dengan rear parking camera dan 360 derajat around view monitor untuk membantu pengendara saat bermanuver atau melewati jalan sempit.

Dengan populasi yang terus bertambah, Daihatsu Xenia tetap menjadi pilihan yang relevan bagi masyarakat Indonesia yang mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi dalam berkendara.{: .note}

20 Tahun di Indonesia, Populasi Xenia Sudah Lebih dari 700.000 Unit, Kompas.com, 13 Mei 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini