Pada Sabtu, 11 Mei 2024, terjadi kecelakaan maut di Ciater, Subang, Jawa Barat yang menewaskan 11 orang. Kecelakaan ini melibatkan bus PO Trans Putera Fajar yang membawa 10 orang pelajar dari SMK Lingga Kencana Depok, Jawa Barat, dan satu warga pengendara motor.

Menurut informasi yang ditemukan, bus tersebut menggunakan sasis Hino AK1JRKA yang masa berlaku KIR-nya telah habis sejak 6 Desember 2023. Sasis ini diproduksi pada rentang tahun 2003-2006, sehingga pada tahun 2024, sasis tersebut sudah berusia sekitar 18-21 tahun. Mesinnya berkode J08C-F dengan kapasitas 7.961 cc, mampu menghasilkan tenaga puncak 210 dk dan torsi maksimal 565 Nm. Meskipun bus ini kemungkinan telah beberapa kali mengalami perombakan bodi, belum ada konfirmasi lebih lanjut terkait hal tersebut .

Penyebab kecelakaan diduga karena rem blong, yang menyebabkan bus oleng dan menabrak mobil SUV merek Feroza. Kondisi bus yang sudah tua dan menggunakan sasis Hino yang berusia puluhan tahun menjadi perhatian serius. Semoga insiden ini menjadi peringatan bagi semua pihak untuk memastikan kendaraan beroperasi dengan baik dan aman, terutama dalam mengangkut penumpang.

Mari kita selalu berhati-hati di jalan dan memastikan kendaraan yang kita gunakan dalam kondisi prima. Kecelakaan semacam ini harus mengajarkan kita untuk lebih memperhatikan keselamatan dan kualitas kendaraan yang kita operasikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini