Setiap kendaraan kini telah mengusung lampu indikator bensin di bagian panel instrumen kemudi. Fitur ini membantu pengemudi untuk mengetahui apakah bensin masih penuh atau sudah hampir habis. Apabila bensin sudah mulai kosong, nantinya lampu indikator bensin akan menyala. Dengan begitu, kita harus segera mencari SPBU terdekat untuk mengisi ulang BBM.

Namun, apa jadinya kalau lampu indikator bensin sudah menyala namun tidak menemukan SPBU terdekat? Tentu ada rasa khawatir kalau mobil akan mogok di jalan. Tapi jangan khawatir, walaupun lampu indikator bensin sudah menyala dan menunjukkan simbol ‘E’, sebenarnya mobil masih bisa melaju sejauh beberapa kilometer, lho.

Dilansir dari situs Dubizzle, sebenarnya setiap mobil memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Jadi, tak semua mobil bisa dipukul sama rata. Akan tetapi, sejumlah ahli berpendapat bahwa saat lampu indikator bensin menyala, umumnya bahan bakar yang tersisa di tangki masih ada sekitar 10-15% dari total kapasitas maksimal bensin. Langkah ini dilakukan oleh produsen otomotif agar pengendara masih bisa mencapai SPBU terdekat meski jumlah bahan bakar tinggal sedikit. Hal ini sangat membantu terutama saat melakukan touring ke luar kota, yang mana jarak antar SPBU cukup jauh.

Sebagai contoh, jika sebuah mobil memiliki kapasitas tangki 60 liter, maka lampu indikator bensin akan menyala ketika bahan bakar menyisakan 6-9 liter di dalamnya. Sedangkan untuk jarak tempuhnya, hal ini tergantung dari konsumsi bahan bakar itu sendiri. Jika bahan bakar tersisa 4 liter dengan konsumsi BBM 1:15, mobil kira-kira masih bisa berjalan sejauh 60 km. Namun, jika konsumsi BBM 1:10 dengan sisa bensin 4 liter di dalamnya, maka mobil hanya bisa berjalan sekitar 40 km saja.

Memang, mobil masih bisa berjalan hingga puluhan kilometer saat indikator bensin sudah menyala. Akan tetapi, hal tersebut tidak disarankan kecuali dalam keadaan darurat. Sebab, kebiasaan buruk tersebut dapat merusak komponen di dalam mobil, terutama pompa bahan bakar yang didinginkan dan dilumasi oleh bensin yang ada di sekitarnya. Jadi, tetaplah berhati-hati dan segera isi ulang bahan bakar ketika lampu indikator bensin menyala!

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan para pengemudi lainnya! 🚗💨

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini